:.Welcome to Jasatel Website.:

 

SEARCH  

   NEWS ARCHIEVES

  Wednesday, November 28 2007
Soal .go.id, Kominfo Sangkal Dirasuki Roh Deppen

  Monday, November 26 2007
Pakai .com Gembosi Devisa?

  Monday, November 26 2007
Separuh Domain .co.id Mati Suri

  Monday, November 26 2007
Seragam Bikin Puyeng Situs Pemda

  Monday, November 26 2007
Pakai .id Tak Berarti Hemat Bandwidth

  Thuesday, September 4 2007
Batas Akhir Renewal Domain .id Diperpanjang

  Monday, August 27 2007
Paling Laku, Syarat Domain .co.id Dipermudah

  Friday, July 20 2007
Kewenangan Pandi Dipertanyakan

  Friday, July 20 2007
Pandi: Aturan Tak Semua Bisa Diterapkan

  Monday, July 9 2007
Domain .asia Diluncurkan dalam Tiga Tahap

  Link

  NEWS DETAIL

  Boros Bukan Alasan Pakai .id


Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Departemen Komunikasi dan Informatika, dalam beberapa kesempatan mengemukakan perlunya penggunaan domain .id daripada .com. Salah satu alasannya adalah demi menghemat devisa dengan menghemat bandwidth internasional.

Alasan itu disangkal Akbar Marwan, Chief Information Officer TechScape Indonesia. Menurut Akbar, penggunaan nama domain .com tidak akan memboroskan bandwidth internasional.

Secara teknis, domain .com diakuinya membutuhkan request DNS (Domain Name Server) ke luar negeri. "Tetapi jumlahnya kecil sekali. Dari sisi bandwidth, tidak bisa dijadikan alasan bahwa domain .com membuat boros bandwidth internasional," ujar Akbar kepada detikINET, Senin (26/11/2007).

Situs lokal yang menggunakan domain .com dinilai akan memboroskan bandwidth internasional jika layanan webhosting yang digunakan juga terletak di luar Indonesia. Artinya, akses ke segala konten situs tersebut akan menggunakan jalur internasional.

Di satu sisi, Depkominfo memang sedang giat mengampanyekan penggunaan domain .id melalui program 'Dot ID Saja'. Meski demikian, alasan penghematan bandwidth dikhawatirkan akan menimbulkan salah persepsi di masyarakat.

Menurut Akbar, pemerintah menganjurkan domain .id itu sebatas kebanggaan memakai produk dalam negeri. Sedangkan dari sisi pengguna, paparnya, pilihan itu lebih pada kepraktisan.

Akbar menuturkan, pembuatan domain .id membutuhkan proses yang lama. "Butuh waktu dua sampai tiga hari. Sementara untuk domain .com, lima menit sudah jadi, dan sepuluh menit kemudian sudah aktif. Request domain .com tidak ribet, tidak harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan Pandi," ia menjelaskan.

Oleh karena itu, Akbar menambahkan, banyak pengguna yang mengambil domain .com dan di saat yang sama mengurus pembuatan domain .id. Hal ini misalnya dilakukan pebisnis yang baru mulai atau kalangan Usaha Kecil dan Menengah. (sumber detikinet)


Copyright ©2006 www.jasatel.net.id